Responsive Ad

Pengertian Lengkap SEM - Search Engine Marketing Adalah ?


SEM adalah serach engine marketing merupakan aktivitas marketing yang menggunakan iklan berbayar yang muncul pada mesin pencari atau search engine seperti google. SEM atau search engine marketing merupakan salah satu dari sekian banyak metode didalam internet marketing saat ini.

Jika SEM digunakan dengan baik dan benar, dapat membantu bisnis anda berkembang pesat di era digital yang semakin hari semakin kompetitif. Banyak pemilik bisnis diluar sana yang berlomba lomba untuk mendapatkan perhatian dari audiens yang berada pada niche yang sama, membuat persaingan di dunia online semakin ketat.

Nah di artikel kali ini kami akan membahas apa itu SEM atau search engine marketing secara lengkap dan bagaimana SEM dapat membantu bisnis anda berkembang. Simak artikel yang kami berikan berikut dibawah ini.

Pengertian Search Engine Marketing

Jadi apa itu SEM / serach engine marketing?, dilansir dari searchengineland.com secara singkatnya search engine marketing dapat diartikan sebagai " membeli " traffic dengan membayar mesin pencari seperti google.

Seorang marketer dapat melakukan bidding terhadap keyword atau kata kunci yang mereka inginkan, dengan harapan setiap orang yang melakukan pencarian dengan keyword tersebut akan memilih website maupun iklan mereka.

Terdapat bermacam macam format dalam search engine marketing diantaranya format berbentuk TEXT dan PLAS ( Product Listing Ads / Shopping Ads ) yang berbentuk produk, harga, review, dan ranting yang bersifat visual.

SEM dalam format text biasanya menggunakan Google Adwords, Bing, dan Yahoo Gemini. Karena penggunakan Google Adwords sangatlah populer, disini kami hanya akan membahas tentang google adwords.

Sekilas Pembahasan Google Adwords

Google Adwords merupakan salah satu pilihan yang paling populer diantara metode SEM lainnya. Apa yang dimaksud dengan google adwords?. Anda sudah pasti sering melihat iklan google adwords, namun mungkin anda belum menyadari terms atau arti dari kata tersebut.

Untuk memudahkan, kami memberikan contoh gambar iklan google adwords dengan menggunakan kata kunci " jual mobil bekas " . Ketika seseorang mencari keyword dengan judul " jual mobil bekas " website atau iklan milik marketer yang melakukan bidding pada kata kunci tersebut akan muncul di paling atas. Disini muncul terms Pay Per Click ( PPC ) yang berarti seorang marketer akan membayar ke google setiap kali iklannya diklik.

Google Adwords Dan SEO

Jika diperhatikan disamping kiri URL website mereka akan muncul kata " AD " atau " IKLAN " tergantung dari setting bahasa yang digunakan di komputer anda.

Untuk website yang tidak menggunakan google adwords, akan otomatis muncul di urutan ke-5 seperti contoh gambar diatas. Website yang berada pada urutan ke-5 diatas tidak menggunakan google adwords, melainkan menggunakan metode search engine optimazation ( SEO ).

Search Engine Optimazation sendiri adalah metode untuk mendapatkan traffic secara gratis dan organic. Baca artikel tentang SEO yang telah kami berikan juga sebelumnya.


Menentukan Posisi Iklan / AD Rank Pada Google Adwords

Mungkin banyak yang bertanya bagaimana sistem bidding pada google adwords?, bagaimana cara agar iklan yang anda pasang mendapatkan posisi teratas, bukan di posisi ke-2 maupun seterusnya.

Jawabannya adalah tergantung dari banyak faktor, rumus dari AD Rank / posisi iklan adalah CPC Bid X Quality Score. Dimana CPC Bid merupakan budget yang sudah anda tentukan untuk setiap klik ke iklan anda.

Quality Score sendiri akan ditentukan oleh google, jadi tidak selalu marketer yang memasang budget tertinggi yang akan muncul di posisi teratas. Kualitas dari iklan sendiri mempunyai faktor besar dalam menentukan posisi iklan.

Manfaat Search Engine Marketing / SEM Untuk Bisnis

Jika penggunaan search engine marketing sebagai sarana marketing di dunia online yang tepat dan benar, maka itu sangat membantu bisnis anda berkembang dengan pesatnya.

Targeted Marketing

Keuntungan besar apabila seorang marketer menggunakan SEM untuk secara langsung menyampaikan iklan yang mereka inginkan kepada audiens yang telah mereka tetapkan sendiri.

Seperti contoh diatas, seorang marketer yang ingin mejual mobil bekas hanya menampilkan iklan mereka kepada audiens yang mencari dengan kata kunci " jual mobil bekar ". Selebihnya, anda juga dapat menentukan demografi audiens yanbg anda inginkan seperti umur dan lokasi.

Cepat Mendapatkan Hasil

Cara membuat dan memasang iklan pada google adwords juga tergolong sangat cepat, dan hasilnya bisa dilihat setelah iklan anda tanyang. SEM unggul dalam hal kecepatanjika dibandingkan dengan metode SEO yang memakan waktu lumayan lama untuk membuahkan hasil. Metode ini sangatlah cocok untuk orang yang meniliki webiste dan menginginkan waktu yang singkat.

Dapat Menyesuaikan Dengan budget Yang Dimiliki

Keunggulan search engine marketing lainnya adalah karena anda dapat memasang budget sesuai dengan kemampuan dan keinginan anda. Saat budget yang anda punya sudah habis, maka iklan akan berhenti secara otomatis.

Nah diatas merupakan pembahasan yang singkat tentang SEM atau Search Engine Marketing dan kegunaannya bagi bisnis anda. Jika semua ini dilakuka dengan baik, tepat, dan benar maka tentunya akan membuahkan hasil yang baik juga.

Posting Komentar

0 Komentar





banner