Responsive Ad

Digital Marketing Adalah ? Berikut Pengertian Lengkap dan Manfaatnya


Digital Marketing adalah aktivitas pemasaran ataupun penjualan yang dilakukan dengan menggunakan media digital. Dengan kemajuan teknologi dan internet, saat ini banyak sekali pemilik usaha yang memasarkan produknya menggunakan digital marketing secara online.

Tujuan pemasaran lewat digital marketing ini bertujuan untuk menjangkau sebanyak banyaknya target customer secara efisien, personal, dan relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Tidak seperti pemasaran pada dahulunya yang memasang iklan lewat baliho, pemasaran digital ini menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasarannya.

Jika anda ingin menjadi seorang yang bekerja dibidang digital marketing, anda perlu mengetahui terlebih dahulu starategi maupun cara apa saja yang termasuk kedalam praktek digital marketing. Pada dasarnya ada banyak kategori yang termasuk kedalam digital marketing, berikut dibawah ini penjelasannya.

SEO ( Search Engine Optimization )

SEO adalah search engine optimization, merupakan serangkaian proses yang dilakukan untuk bisa memperoleh trafik yang bagus dari mesin pencari seperti google. Tujuannya untuk membuat website anda lebih mudah ditemukan oleh pengunjung dengan menggunakan kata kunci yang dicari.

Seo ini juga terbagi menjadi dua bagian yaitu seo on page dan seo off page. Untuk mengetahuai teknik seo yang lengkap ini bisa baca di artikel kami yang ada dibawah ini :

Baca Juga :

SEM ( Search Engine Marketing )

SEM adalah aktivitas marketing menggunakan iklan berbayar yang muncul pada mesin pencari atau serach engine seperti google, SEM merupakan salah satu dari banyaknya metode didalam internet marketing. Jika SEM digunakan dengan baik dan benar, maka sangat membantu bisnis anda berkembang dengan pesat di era digital yang semakin hari semakin kompetitif.

Banyak sekali pemilik usaha berlomba lomba untuk mendapatkan perhatian audiens yang berada pada niche yang sama, hal ini membuat persaingan di dunia online semakin ketat sekali.

Baca Juga : Pengertiian Lengkap SEM - Search Engine Marketing Adalah ?

Content Marketing

Content marketing merupakan cara pemasaran yang difokuskan ke pembuatan dan pendistribusian konten. Konten yang bersifat relevan dan konsisten bisa menarik dan mempertahankan audiens. Audiens yang seperti apa? audiens yang dimaksud adalah yang telah ditetapkan dengan jelas sebagai target pasar usaha anda.

Tujuannya? sama seperti pemasaran secara keseluruhan itu sendiri, yaitu untuk mendorong tindakan pelanggan sehingga bisa menghasilkan keuntungan.

Ada banyak sebenarnya content marketing yang bisa diterapkan, termasuk pesan email kepada pelanggan. Intinya segala media butuh konten atau isi pesan yang bisa meningkatkan ketertarikan pasar hingga mereka ingin bertransaksi sampai dengan berlangganan kepada pemilik usaha.

Jadi content marketing ini merupakan salah satu yang paling penting untuk dipraktekkan secara langsung. Apa saja strategi content  marketing?  

Baca Juga : Tips Content Marketing yang Harus Diketahui dan Praktekkan !!!

SMM ( Social Media Marketing )

SMM adalah social media marketing, hanya dengan melihat namanya saja mungkin semua orang sudah tahu maksudnya ini. Artinya adalah pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan media social. Saat ini sudah banyak sekali social media yang bisa digunakan untuk memasarkan produk dari usaha anda.

Email Marketing

Email marketing adalah sebuah pemasaran yang dilakukan dengan email sebagai medianya. Kami telah membuat semua panduan lengkapnya untuk anda yang ingin memperlajarinya.

Baca Juga : Panduan Lengkap Email Markting

PPC ( Pay Per Click )

PPC adalah singkatan dari pay per click yang merupakan salah satu metode beriklan di internet yang paling populer, dimana pengiklan ( advertiser ) hanya membayar jika ada yang klik iklannya. Selain PCC ada juga metode PPM ( Pay Per Impression ), yaitu bayar per kemunculan ( biasanya per 1.000 kali kemunculan).

Contoh PPC bisa dilihat dari AdWords Google. Untuk mengetahui bagaimana cara kerja dan keuntungannya bisa anda baca dia artikel yang telah kami persiapkan.

Baca Juga : Paduan Lengkap Google AdWords

Sebenarnya masih sangat banyak sekali hal yang perlu pelajari apabila anda ingin menjadi seorang yang menekuni pekerjaan digital marketing.  Dengan menggunakan media digital, anda bisa mengetahui berapa lama iklan ataupun video anda ditonton, berapa persen konversi penjualan anda setiap iklan, dan tentunya anda bisa mengevaluasi mana iklan yang baik ataupun tidak.

Abilitas pemasaran digital akan tracking ini tentu sangat membantu para pembisnis dalam menghitung ROI ( return of investment ) dari budget marketing perusahaan. Selain faktor kemudahan evaluasi, luas jangkauan geografis juga jadi salah satu keunggulan digital marketing.

Dengan memanfaatkan media digital anda dapat menyebarkan konten atau brand anda keseluruh dunia hanya beberapa kali klik. Dengan alasan ini pula, metode offline marketing menjadi kuno dan sudah banyak perusahaan meninggalkan cara yang satu ini.

Setelah anda mengetahui banyak kategori penting untuk memasarkan produk maupun memperkenalkan brand. Anda juga perlu mengetahui tren tren terkini pemasaran digital, kenapa? karena ilmu pemasaran sebenarnya berkembang dan beradaptasi terus seiring dengan perubahan prilaku pasar.

Demikian sedikit penjelasan yang kami berikan, berharap artikel yang telah dirangkum ini bermanfaat dan bisa dipraktekkan langsung. Memang dunia online saat ini sulit untuk ditebak karena setiap harinya pasti ada peningkatan maupun perubahan menurut algoritma google.

Kunjungi terus belajarseoonline agar bisa mendapatkan banyak wawasan mengenai banyak hal seperti seo, digital marketing, website, maupun addsense. Jika ada peulisan kata yang salah mohon dimaklumin karena kami juga hanya sebatas manusia yang masih terus dan terus belajar.

Posting Komentar

0 Komentar





banner