Responsive Ad

Apakah Yang Dimaksud Dengan Bounce Rate ?


Bounce Rate Adalah persentase pengunjung yang meninggalkan website ataupun blog anda setelah hanya membuka satu halaman atau satu konten saja. Contohnya pengunjung tersebut datang membuka halaman utama website atau halaman tertentu dari web anda, namun tidak membuka halaman lainnya yang ada di webiste maupun blog anda.

Semakin banyak pengunjung yang hanya membuka satu halaman dari web anda dan tidak berlanjut ke halaman yang lainnya, berarti web anda memiliki persentase bounce rate yang tinggi. Artinya semakin kecil persentase bounce rate, berarti semakin bagus website maupun blog anda.

Mengapa demikian ? sebab pengunjung tersebut tidak menemuka apa yang dicari atau dibutuhkan di website / blog anda. Atau bisa juga karena website anda mempunyai loading yang lambat ketika ingin dibuka. Bahkan bisa juga karena website anda hanya memiliki satu halaman saja. Maka dari itu banyak pengunjung yang menutup browser, menekan tombol back, atau mungkin pengunjung tertarik pada iklan yang ada di web anda, atau mengklik limk yang mengarah ke web lain.


Bagaimana Bounce Rate Dihitung ???

Rumus Bounce Rate = ( jumlah pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman atau jumlah total kunjungan ) X 100%

Contohnya, website anda dikunjungu 100ribu pengunjung /bulan. Pengunjung hanya hanya mengunjungi satu halaman berjumlah 60ribu.

Berarti Bounce Ratenya adalah = { 60.000/100.000 } X 100% = 60%

Tentunya anda juga tidak perlu menghitungnya sendiri, sebab adna bisa menggunakan tool seperti Google Analytics

Berapakah Bounce Rate Yang Ideal Untuk Sebuah Website ??? 

Ada yang mengataka kalau bounce rate yang ideal atau maksimal itu adalah 20%. Namu itu semua kembali lagi terhadap bagaimana website anda. Misalnya web anda hanya terdiri dari satu halaman saja, seperti model minisite yang sederhana, maka pastilah bounce ratenya 100%. Atau misalnya web anda memang dibuat untuk monetizing lewat iklan dengan memasang iklan yang cukup banyak, maka jika bounce ratenya tinggi pastilah pendapatan dari iklannya akan tinggi.

Nah itu semua kembali lagi pada tujuan website atau blog anda dibuat. 

Tapi jika anda menginginkan bonuce rate yang lebih baik ( persentasenya turun ), maka yang perlu anda lakukan intinya adalah berusaha agar pengunjung yang datang tidak hanya membuka satu halaman web anda dan pergi begitu saja, oleh karena itu anda bisa melakukan sesuatu yang kami beri contoh dibawah ini.
  •  Menambahkan Page
  • Menambahkan Related Post
  • Menambahkan Internal Link  
  • Menambahkan Baca Juga 
  • Membuat desain tampilan website atau blog yang menarik
  • Membuat loading website atau blog lebih cepat
  • DLL
 Demikian penjelasan singkat yang kami berikan, berharap ini semua bisa langsung di praktekkan untuk website maupun blog anda. Jika ada komentar atau pertanyaan yang ingin dituangkan, bisa langsung lewat kolom komentar yang tersedia dibawah ini.

Posting Komentar

0 Komentar





banner