Responsive Ad

6 Langkah Optimasi SEO Off Page Untuk Website dan Blog


SEO Off Page adalah optimasi SEO yang dilakukan diluar konten website maupun blog anda. Berbeda dengan SEO On Page yang dimana anda hanya mengoptimasi pada bagian konten website atau blog. Seo Off Page menuntut anda untuk mengoptimasinya dari faktor faktor eksternal. Faktor eksternal yang dimaksud disini adalah dari inbound link atau backlink hingga share di media sosial.

Kesalahpahaman soal seo off page yang paling umum adalah page off seo hanya membahas soal building, padahal seo off page jauh lebih luas dari itu. Link building memang faktor terpenting dari seo off page, tapi bukanlah satu satunya. Ada banyak langkah optimasi seo off page yang harus diketahui apabila anda ingin memaksimalkan website maupun blog anda.

Untuk meraih tujuan penggunaan SEO, tidak hanya peduli pada website dan brand anda saja. Anda juga harus berusaha meningkatkan reputasi yang baik sehingga pengunjung maupun calon pelanggan berkeinginan mempelajari lebih lanjut mengenai website atau blog anda.

Seo On Page saja tidak cukup, anda juga harus mengoptimasi website atau blog dari sisi seo off page. Di artikel kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengoptimasikannya secara lengkap dan benar. Sebelumnya tentu anda juga harus tahu cara untuk mengoptimasi seo on page .

Baca Juga : 15 Langkah Optimasi SEO On Page

6 Langkah Optimasi SEO Off Page Untuk Website dan Blog

Setidaknya terdapat banyak cara untuk mengoptimasi seo secara off page, kali ini kami hanya akan memberikan 6 poin penting langkah mengoptimasi seo off page seperrti dibawah ini.

1. Link Building

Jika kita berbicara soal Seo Off Page memang tidak pernah lepas dari link building, link building adalah faktor terpenting dalam page off seo. Mengapa link building menjadi faktor terpenting untuk seo off page ?

Karena google mengunakan algoritma bernama Page Rank. Page Rank adalah algoritma yang menilai kualitas dan kuantitas backlink yang terdapat pada sebuah website maupun blog. Beberapa profesional SEO mengatakan page rank sudah kadaluwarsa. Namun, faktanya google megonfirmasi Page Rank masih menjadi faktor penilaian dari google.

Kami juga telah melihat laporan dari Ahrefs yang membuktikan ada hubungan kuat antara jumlah inbound link atau backlink sebuah website terhadap perfomanya dihasil pencarian



Grafik diatas telah menunjukkan bahwa semakin banyak referring domain, semakin bagus dan tinggi juga organic traffic nya. Referring domain adalah domain yang memberikan inbound link atau backlink ke sebuah website maupun blog.
 

Oleh sebab itu, anda perlu mendapatkan backlink atau inbound link yang berkualitas untuk memperkuat SEO Off Page website anda. Untuk melakukan link building terdapat lima faktor yang perlu diperhatikan, berikut dibawah ini penjelasannya.

1.1. Page Authority Dan Domain Authority

Setiap link mempunyai kualitas yang berbeda beda. Kualitas link dari website A tentu berbeda dengan link website B. Bahkan link dari halaman 1 di website A dan halaman 2 di website A juga mempunyai kualitas yang berbeda.

Untuk kualitas link tersebut diukur dengan skala domain authority dan page authority. Domain Authority adalah kualitas profil backlink di sebuah domain secara keseluruhan. Domain Authority diukur dengan skala 1 sampai 100. Semakin tinggi angkanya maka semakin bagus juga kualitas link dari domain tersebut.

Sedangkan Page Authority adalah kualitas link sebuah halaman tertentu. Page Authority dihitung dengan skala 1 sampai 100. Semakin tinggi angkanya, semakin bagus juga kualitas link yang diberikan halaman tersebut.

Lalu bagaimana cara mengetahui nilai Da dan nilai PA dari sebuah website ?

Anda perlu megggunakan aplikasi seperti Moz atau Ahrefs untuk mengetahui kualitas link di sebuah website. Moz dan Ahrefs sama sama merupakan aplikasi berbayar, jadi anda perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk menggunakannya.

Walaupun begitu, anda bisa menggunakan versi trial dari MOZ. Dengan versi trial, anda punya kesempatan untuk mengecek kualitas link maksimal 10 kali. Ahrefs juga meyediakan versi trial selama tujuh hari dengan harga 7USD. Dan masih ada beberpa aplikasi lainnya yang bisa anda gunakan seperti Moonsy.com, Small SEO Tools, 99 Web Tools.

Ahrefs menggunakan nama metrik berbeda, yaitu URL Rating ( UR ) dan Domain Rating ( DR ). Namun, cara kerjanya hampir sama dengan PA dan DA. UR untuk mengukur kualitas link di halaman spesifik, sedangkan DR berfungsi untuk mengukur kualitas link di domain secara keseluruhan.

Jadi ketika akan melakukan guest posting atau bekerjasama dengan pemilik website maupun blog. Anda perlu mempertimbangkan kualitas UR / PA dan DA / DR website mereka. Dengan begitu, anda bisa membangun link yang berkualitas untuk website anda.

1.2. Dofollow Dan Nofollow

Tidak semua link akan dideteksi oleh google, google hanya mendeteksi link yang bersifat dofollow. Apa itu difollow ?, doffolow adalah link yang dideteksi oleh bot google sehingga bisa meningkatkan kualitas authority sebuah website maupun blog. Secara default, link di sebuah website biasanya diatur sebagai dofollow.

Sebaliknya, nofollow link disertai dengan nofollow tag yang memberikan signal kepada google untuk tidak mendeteksi link tersebut. Jadi link yang bersifat nofollow tidak akan berpengaruh pada kualitas authority website anda.

Bagaimana cara mengetahui mana link dofollow dan mana link yang nofollow? Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu memasang Ekstensi Chrome NoFollow. Ekstensi ini akan memberikan highlight pada tautan tautan yang bersifat nofollow.

Lalu link manakan yang bagus digunakan untuk website anda? Sebenarnya ini tergantung pada tujuan anda. Jika tujuan anda adalah meningkatkan authority website, sebaiknya usahakan untuk mendapatkan kerjasama link yang bersifat dofollow.

Bebeda jika fokus anda hanya pada trafik. Tautan bersifat nofollow tetap memberikan kontribusi untuk website maupun blog anda, yaitu berupa trafik. Namun link nofollow tidak akan berpengaruh apapun terhadap kualitas authority website.

1.3. Anchor Text

Anchor Text adalah text berisi link yang bisa diklik pengunjung website maupun blog. Google menyatakan salah satu faktor yang memperngaruhi kualitas pencarian adalah anchor text. Link yang menggunakan anchor text yang sama persis dengan kata kunci yang ditargetkan menghasilkan kualitas pencarian yang lebih baik dibandingkan yang tidak.

Link Anchor Text memang tidak selalu bisa dikontrol di website lain, kecuali anda memintanya secara spesifik kedapa pemilik website. Walaupn begitu, anda juga perlu berhati hati. Sebab terlalu banyak inbound link atau backlink dengan anchor text yang sama persis bisa mengakibatkan terkena penalti google.


1.4. Relevansi


Relevansi juga menjadi salah satu faktor terpenting yang harus anda perhatikan ketika membangun backlink. Usahakan untuk mendapatkan backlink dari website yang masih satu niche dengan website atau blog anda.

Misalnya, website anda berapa di niche olahraga maka sebaiknya anda mendapatkan backlink dari website yang membahas tema atau konten serupa. Begitu juga dengan niche lainnya. Mendapatkan inbound link atau backlink dari niche yang sama punya nilai lebih dibandingkan backlink dari niche yang berbeda.

1.5. Trafik

Faktor terakhir yang perlu anda perhatikan ketika membangun sebuah backlink adalah trafik. Semakin tinggi trafik sumber backlink, maka semakin besar juga kemungkinan anda mendapatkan trafik yang banyak dari link website tersebut. Karena kemungkinan link menuju website anda untuk diklik semakin besar.

Untuk melihat perkiraan trafik dari sebuah website atau halaman spesifiknya, anda bisa menggunakan Ahrefs. Idealnya anda perlu mendapatkan backlink dari website dengan authority bagus, memberikan link dofollow. Jika menggunakan anchor text yang sesuai, relevan dengan website anda, dan trafik yang tinggi. Sayangnya, belum tentu semua website menyediakan lima hal tersebut. Ada beberpa yang hanya memiliki dua dari tiga hal tersebut atau bahkan hanya satu.

Disinilah tugas anda, yaitu memilah faktor manakah yang perlu untuk diprioritaskan. Jika tujuan anda untuk membangun authority website anda, PA / UR dan DA / DR bisa diprioritaskan. Namun, jika membutuhkan trafik besar saja, anda perlu memprioritaskan trafik dibanding authority website.


2. Brand Mention di Media Online

Biasanya setelah melakukan sebuah kampanye atau sebuah kegiatan, bisnis anda akan mendapatkan brand mention dari media online. Salah satu contohnya, setelah Belajarseoonline menjalankan kampanye #ayukbelajarseosecaraonline ditahun 2019, maka salah satu media online akan membuat artikel dan menyebutkan brand Belajarseoonline.

Apakah dengan menyebutkan brand tanpa memberikan link menuju website tersebut bisa berpengaruh terhadap Seo Off Page? apakah bisa mendapatkan keuntungan dari penyebutan nama tanpa link ke website tersebut?

Jika kita berbicara soal keuntungan, tentulah anda mendapatkan keuntungan ketika nama atau brand dari website anda disebutkan oleh media online lainnya. Dengan begitu para pembaca media online tersebut akan semakin familiar dengan website anda.

Tetapi jika dilihat dari kacamata SEO Off Page, penyebutan nama atau brand yang tidak disertai link, tidak terlalu memberikan efek besar. Sebab hal tersebut tidak bisa berkontribusi pada authority anda maupun trafik website.

Walaupun begitu, jangan berkecil hati dulu. Karena dengan adanya brand mention, artinya media online tersebut sudah familiar dengan bisnis anda. Anda bisa menghubungi media online tersebut dan meminta mereka untuk menambahkan link menuju website anda di artikel mereka.

3. Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan layanan listing bisnis gratis dari google. Siapapun yang mempunyai bisnis bisa mendaftarkan bisnisnya di google bisnisku. Google bisnisku ternyata juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas Seo Off Page anda terutama untuk SEO Lokal.

Apabila anda mendaftar di google bisnisku, anda akan semakin mudah muncul di hasil pencarian lokal. Selain itu, bisnis anda juga akan mucnul di Google Maps. Ditambah lagi, bisnis anda juga akan mempunyai kesempatan besar untuk bisa muncul di kotak snack pack hasil pencarian google.

4. Listing Bisnis

Jika bisnis anda terdaftar di listing bisnis, juga akan membantu SEO Off Page anda. Ada beberapa listing bisnis yang bisa anda manfaatkan, beberapa diantaranya adalah Trip Advisor,Zomato, dan Grab Food.

Trip Advisor adalah situs review yang menampung listing bisnis dibidang penginapan, tempat rekreasi, hingga restoran. Sedangkan GrabFood dan Zomato dikhususkan hanya untuk bisnis restoran.

GrabFood sebenarnya bukan situs review seperti Zomato. Akan tetapi jika mendaftar sebagai merchant GrabFood, bisnis anda akan mendapatkan satu halaman khusus di websitenya. Tentunya ini bisa bermanfaat untuk Page Off Seo anda.

Bagi yang ingin mendaftarkan bisnisnya di ketiga layanan ini, bisa membuka link yang kami berikan dibawah ini :

 5. Review

Review mengenai produk dan bisnis anda juga mempunyai pengaruh cukup penting terhadap page off seo. Laporan dari MOZ menunjukkan bahwa review menjadi faktor ketujuh pada seo lokal. Review yang dimaksud disini tidak hanya review dari google bisnisku, tetapi juga dari situs review lainnya.

Semakin Positif review yang diberikan, semakin besar pula perannya terhadap seo off page di website maupun blog anda. Sayangnya pelanggan seringkali malas untuk memberikan review produk. Untuk bisa mengatasi ini, anda bisa mengadakan give away agar pelanggan termotivasi menuliskan review produk anda. Anda bisa mengarahkan mereka untuk menuliskan review di blog masing masing, di akun google bisnisku, dan situs review lainnya.

6. Share di Media Sosial

Google sudah secara resmi menyatakan bahwa share di media sosial bukanlah termasuk faktor rangking dan tidak berpengaruh untuk seo secara langsung. Salah satu dugaan alasan share di media sosial tidak dimasukkan sebagai faktor rangking adalah terlalu mudah dimanipulasi. Anda bisa mendapatkan ribuan like dan share dengan harga terjangkau.

Lalu kenapa share media sosial masih kami masukkan sebagai salah satu langkah seo off page ? karena share media sosial yang asli ( bukan hasil dari membeli ) tetap punya pengaruh secara tidak langsung ke Seo Off Page.

Semakin banyak orang yang membagikan konten anda di media sosial, maka semakin besar pula kemungkinan untuk bisa menjangkau banyak orang yang membaca konten anda. Dengan begitu potensi konten anda untuk dibicarakan, dibagikan kembali, atau bahkan dirujuk di website/blog/media online semakin besar. Oleh karena itu, share media sosial tetap penting untuk SEO Off Page meskipun tidak secara langsung.

--------------------------------------------------

Baiklah, SEO off Page memang cenderung lebih sulit dibandingkan dengan SEO On Page. Karena sebagian besar faktor seo off page tidak bisa anda kontrol sepenuhnya. Namun, semua kerja keras itu akan terbayar ketika authority dan trafik anda meningkat setelah menerapkan semua langkah optimasi seo off page.

Sebelum anda menerapkan semua ajaran untuk seo off page, pastikan anda susah selesai dalam mengoptimasi seo on page. Karena ini sangat penting, tanpa kualitas SEO On Page yang bagus, website lain akan enggan untuk merujuk ke website atau blog anda. Akibatnya potensi mendapatkan inbound link atau backlink ke website andapun semakin kecil.

Jadi selesaikan terlebih dahulu SEO On Page sampai benar benar selesai dahulu, batulah anda bisa menerapkan SEO Off Page dengan semaksimal mungkin.

Posting Komentar

0 Komentar





banner