Responsive Ad

Apa itu SEO ? Berikut Pengertian Lengkap Dan Manfaatnya


Apa Itu SEO ?, Pertanyaan yang sering muncul di banyak pikiran orang orang yang baru memulai membuat website ataupun blog. Alasannya adalah agar website maupun blog yang dibuat tersebut bisa lebih cepat naik dan mendapatkan rangking yang tinggi dihasil pencarian google.

SEO adalah Search Engine Optimazation yaitu serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan dari mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut.

Tujuan SEO adalah untuk menepatkan sebuat situs website pada posisi teratas, atau setidaknya masuk ke halaman pertama dari hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang ditargetkan. Secara logika saja, situs website yang menepati halaman pertama di mesin pencarian atau yang lebih sering dijuluki GOOGLE, pastilah memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan banyak pengunjung.

Sehubung dengan kemajuan teknologi internet saat ini sebagai wadah atau sarana bisnis, maka kebutuhan SEO ini semakin meningkat pesat. Berada pada posisi teratas akan membuat peluang sebuah perusahaan yang berbasis website akan mendapatkan banyak pelanggan baru.

Secara umu itulah manfaat utama menerapkan SEO di website maupun blog anda, namun itu semua baru sebagian kecil dari konsep SEO. Nah, di artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap apa itu SEO. dari pengertian seo, cara kerjanya, indikator utama seo, hingga kenapa seo sangat penting untuk website anda.

Pengertian SEO

Search Engine Optimazation atau SEO adalah upaya untuk mengoptimasi website atau blog yang anda buat untuk mendapatkan peringkat paling atas berdasarkan hasil pencarian. Dengan mendapatkan rangking tertinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik anda akan meningkat.

Selain untuk menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga membantu anda mendapatkan target trafik yang tepat dengan menggunakan kata kunci yang dituju. Jadi tidak hanya fokus pada trafik tinggi, tetapi juga trafik target yang tepat sesuai dengan tujuan utama website anda.

Untuk mendapatkan trafik tinggi yang tepat sasaran, Anda perlu mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan oleh mesin pencari atau biasanya GOOGLE. Anda perlu memahami bagaimana cara kerja SEO, algoritma google, dan indikator utama dari seo. Semuanya akan kami jelaskan di bagian selanjutnya artikel dibawah ini.

Cara Kerja SEO

Untuk mesin pencari menggunakan Algoritma tertentu untuk menemukan konten mana yang layak atau cocok menepati rangking paling atas di hasil pencarian. Ini berlaku untuk semua mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, maupun Duckduckgo.

Disini kami tidak akan membahas algoritma dari semua mesin pencari, disini kami hanya membahas algoritma dari google. Karena google menguasai lebih dari 90persen pasar mesin pencari di seluruh dunia. Jadi ketika kita membicarkan cara kerja SEO, algoritma google menjadi patokannya.

Google selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan solutif untuk penggunanya. Dari tahun 2010 sampai saat ini, setidaknya sudah ada delapan major update algoritma google.

Jadi anda harus selalu update tentang algoritma google ini, sebab langkap optimasi yang berdasarkan algoritma lama google tidak akan memberikan efek apapun. Misalnya dengan salah satu trik lama yang digunakan adalah keyword stuffing.

Keyword stuffing adalah praktek yang memasukkan focus keyword sebanyak banyaknya di sebuah artikel yang anda buat. trik ini dulu cukup efektif, bahkan jika konten anda singkat dan tidak relevan sama sekali dengan focus keyword yang anda masukkan.

Namun, dengan pembaruan algoritma google, kini trik tersebut tidak lagi efektif atau bermanfaat. Bahkan anda bisa terkena pinalti jika ketahuan mempraktekkannya. Konten anda bisa dianggap berisi spam jika terlalu banyak mengulang focus keyword.

Kalau begitu, langka optimasi SEO seperti apa yang sesuai dengan algoritma google terbaru?, Setidaknya ada delapan indikator SEO berdasarkan algoritma google terbaru, Klik link artikel berikut untuk bisa mengetahui apa saja dari delapan indikator SEO : Delapan Indikator Utama Dari SEO Yang Harus Diketahui

Jenis Jenis SEO

SEO terdapat dua jenis yaitu SEO On Page dan SEO Off Page, keduanya ini sama sama penting dan saling berkaitan. Jadi anda harus tahu dan menerapkan keduanya untuk praktek SEO di website anda agar semakin optimal.

SEO On Page

Apa itu SEO On Page ?, seo on page adalah langkah langkah optimasi SEO yang dilakukand alam website ataupun blog anda. Beberapa langkah optimasi seo on page meliputi permalink, judul konten, struktur konten, penggunaan heading, kecepatan website, tema responsif, hungga internal link.

Selengkapnya dapat anda baca di artikel berikutnya : Cara Optimasi SEO On Page Yang Tepat

SEO Off Page

Berbeda dari seo on page, SEO Off Page adalah sejumlah langkah yang diterapkan untuk optimasi SEO yang dilakukan diluar website maupun blog anda. Jadi mengoptimasi konten, website atau blog saja belum cukup. Banyak faktor diluar website yang bisa berpengaruh tehadap kualitas SEO anda.

Salah satu faktor diluar website yang cukup mempengaruhi kualitas SEO adalah backlink atau inbound link. Backlink menjadi indikator bahwa konten anda menjadi rujukan website lain. Semakin banyak website berkualitas yang merujuk ke konten anda, maka semakin baik google menilai website anda sebagai website yang kredibel dan meningkatkan peluang untuk naik peringkat.

Selain backlink, masih ada banyak beberapa faktor penting lain untuk SEO Off Page yang harus anda ketahui, Untuk mendapatkan informasi selengkapnya bisa baca di artikel : Cara Optimasi SEO Off Page Yang Lengkap Dan Benar

 Kenapa SEO Penting Untuk Website atau Blog ?

SEO bukanlah menjadi salah satu pilihan, tetapi SEO merupakan sebuat kewajiban yang ada di semua website atau blog. Mengapa lag langkap optimasi seo begitu penting? Apa manfaatnya untuk website anda?

1. Mesin Pencari adalah Sumber Informasi

Saat ini orang orang bisa mendapatkan informasi dengan sangat mudah dan gampang dilakukan, hanya degan satu kali klik saja yaitu dengan mesin pencari. Di indonesia sendiri, 80% pegguna internet sudah terbiasa menggunakan mesin pencari seperti google untuk mencari berbagai macam informasi, dari informasi tempat wisata, informasi jual beli rumah atau alat lainnya, hingga informasi politik maupun artis ibukota.

2. Trafik Didominasi Konten di Halaman Pertama

Untuk mendapatkan hasil trafik atau pengunjung yang banyak tentunya website atau blog anda tentunya website harus berada dihalaman pertama dan peringkat teratas. Jika website anda hanya muncul di halaman kedua, ketiga, bahkan dibawah itu lagi, kemungkinan untuk mendapatkan trafik atau pengunjung lebih kecil juga.

Menurut Infront Webwork, 91,5% trafik didominasi oleh website yang muncul dihalaman pertama hasil pencarian google. Lebih detail lagi 91,5% trafik tersebut didominasi oleh tiga posisi teratas. Secara Berurutan, posisi pertama, kedua, dan ketiga masing masing mendapatkan trafik sebesar 29,6%, 13,1%, dan 9,2%.

3. Website Anda Ditemukan Melalui Berbagai Kata Kunci

Jika menerapkan langkah optimasi SEO, website anda akan lebih mudah untuk ditemukan dari berbagai kata kunci yang ingin dicari. Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens menggunakan berbagai macam kata kunci yang berhubungan dengan topik utama website atau blog anda.

Misalnya, topik utama website atau blog anda adalah tentang kesehatan. Ada banyak kata kunci yang berkaitan degan kesehatan yang bisa anda targetkan. Anda bisa membahas tentang berbagai jenis penyakit, obat obatan, alamat terapi, dan topik lain yang masih berkaitan dengan kesehatan.

4. Brand Awareness dan Kredibilitas Meningkat

Sebanyak 88% konsumen melakukan riset online sebelum melakukan pembelian suatu produk. Keadaan ini menuntut pemilik bisnis untuk bisa memiliki brand awaresess yang baik agar selalu bisa ditemukan di dunia maya atau internet. Salah satu cara terbauk untuk membangun brand awareness di era digital ini adalah meningkatkan kualitas SEO.

Semakin mudah website atau blog anda ditemukan di hasil pencarian google, maka semakin banyak juga orang yang mengetahui website maupun blog anda. Dengan begitu orang orang akan semakin familiar atau mengenal bisnis anda, dan brand awareness online anda akan semakin meningkat.

5. Trafik Organik Lebih Mudah Dikonversi

Salah satu alasan mengapa SEO begitu penting untuk website atau blog anda, adalah kemudahan untuk konversi ( conversion ). Pengunjung yang datang secara organik cenderung lebih mudah dikonversi menjadi leads atau pelanggan. Berdasarkan data SimiliarWEb, trafik organik 10 kali lebih mudah dikonversi dibandingkan trafik dari media sosial.

Sudah Saatnya Untuk Anda Menerapkan Optimasi SEO

Demikian penjelasan mengenaik SEO serta beberapa cara kerja dan manfaatnya, Kami berharap setelah anda membaca artikel ini bisa memberikan banyak pengetahuan untuk mengerti Apa itu SEO ?, dan faktor faktor utama seo yang mempengaruhinya.

Posting Komentar

0 Komentar





banner