Responsive Ad

Pengertian Dan Strategi Content Marketing


Content Marketing adalah strategi pemasaran dimana kita melakukan perencanaan dan mendistribusikan konten berupa gambar, video, dan tulisan pada website maupun blog, bertujuan untuk menarik audiens yang tepat sasaran dan kemudian menarik mereka untuk menjadi customer.

Content Marketing ini juga disimpulkan menjadi dua bagian diantaranya : 

1. Menarik orang untuk mengenal bisnis anda ( produk/jasa, keunggulan, dsb ).
2. Mendorong orang untuk menjadi pelanggan hingga melakukan transaksi berulang.

Dapat disimpulkan content marketing memanfaatkan proses membuat konten untuk menarik customer ideal, yang biasanya konten ini datang dalam bentuk postingan di website maupun blog.

Disini anda juga bisa merombak konten lama menjadi konten baru sehingga strategi content marketing anda semakin efektif. Harus diketahui konten yang berkualitas rendah dapat merugikan situs website maupun brand anda.

Pastinya anda ingin membuat content marketing yang menarik dan sangat relevan agar bisa menarik banyak customer yang ditargetkan?. Itu sebabnya anda perlu rencana, tanpa strategi yang jelas, anda tidak dapat membuat konten yang tepat, maka anda tidak akan mendapatkan banyak trafik, lead, dan sales.

Berikut dibawah ini beberapa langkah mudah yang membantu anda membuat strategi content marketing yang baik untuk meningkatkan website maupun blog anda.

1. Tentukan Tujuan Anda
  
Sebelum membuat konten anda diharuskan mengetahui apa tujuan utama untuk konten anda, dengan cara ini anda akan tahu apa yang di prioritaskan dalam mencapai tujuan tersebut.

Selanjutnya anda bisa melihat kembali dan menganalisis apa yang berhasil dan mana yang tidak bekerja. Anda harus menentukan tujuan jangka pendek dan jangka  panjang untuk konten anda.

Misalnya tujuan jangka pendek anda adalah mengarahkan search engine traffic untuk website anda. Anda pasti membuat konten yang bisa masuk pada peringkat google berdasarkan kata kunci/keyword tertentu.

Tujuan jangka panjang anda misalnya ingin membangun brand dan otoritas. Untuk melakukan itu, anda harus mempersiapkan konten yang bisa membuat audiens merasa takjub, mendapatkan banyak social share dan mengkonversinya menjadi email subscribers.

Pastikan untuk menulis tujuan ini dan berkomitmenlah untuk itu, sehingga anda dapat kembali me-review progres anda nanti.

2. Ketahuilah Industri Anda

Ini merupakan salah satu poin penting, tidaklah cukup hanya mengetahui produk dan pelayanan anda. Anda harus mengetahui tentang sejarah darimana industri ini dimulai.

Karena dengan mengetahui industri anda, hal ini bisa membantu anda untuk menulis konten yang relevan dan aktif dicari oleh banyak orang. Dan hal ini membuat anda agar tetap berada pada posisi terdepan dalam kompetisi.

MarketResearch.com memiliki laporan research dari 720 lebih top publishers, yang diupdate setiap harinya. Anda bisa mendapatkan akses cepat ke database mereka yang berisi wawasan tentang industri, perusahaan, produk, trend, dan fitur lebih dalam dari mereka yang memungkinkan anda untuk purchase hanya pada bagian bagian dari laporan yang dibutuhkan.


3. Kenali Karakter Customer

Agar konten yang anda buat bisa menarik banyak pengunjung, anda harus tahu sebanyak mungkin tentang mereka. Karaktersitikan customer anda dengan menciptakan personal pembeli terlebih dahulu adalah cara yang bagus untuk memastikan konten anda akan terhubung dengan profil customer yang tepat.

Misalnya jika anda merupakan seorang penjual sepeda motor, maka salah satu profil customer anda adalah seseorang yang gemar dengan sepeda motor. Sekarang anda sudah tahu target customer anda, yang perlu anda lakukan sekarang adalah anda perlu belajar bagaimana cara berpikir mereka.

Kenali customer anda secara spesifik, mereka mungkin tidak persis seperti anda, tetapi anda dapat masuk kedalam kepala mereka dan berpikir seperti mereka.

4. Temukan Fokus Unik Anda

Jika konten anda belum selesai, tidak memiliki sesuatu fokus yang unik, maka anda hanya berptar putar saja ditempat yang sama. Dalam rangka untuk mendapatkan penilaian, konten yang anda buat haru menonjol.

Apa yang membuat situs anda berbeda dengan situs lainnya? Apakah anda memiliki gaya yang unik? Apakah anda membuat sesuatu yang berbeda dari topik biasanya? Apakah kemampuan khusus anda memungkinkan untuk lebih mendalami dan lebih menspesifikan sebuat topik yang orang lain tidak lakukan?

Ketahuilah niche atau keahlian unik anda dan fokuslah di seluruh konten disekitar keahlian unik anda tersebut. Dengan mengetahui keahlian anda, anda akan selalu bisa memperluas jangkauan di masa depan,

5. Beraksi Sesuai Dengan Trending Topik

Untuk mejaga konten anda tetap relevan berarti anda harus mengikuti trend topik yang sedang berjalan, dan beraksi secara cepat.

Melakukan research untuk menemukan topik topik yang hangat. Menjelajahi twitter dan mencari di grup facebook untuk mendapatkan pertanyaan dari apa yang sedang populer atau trending saat ini.

Anda juga dapat menggunakan tools seperti SEMrush untuk mendapatkan wawasan yang detail kedalam keyword yang menjadi trend saat ini.

 Anda juga dapat menggunakan SEMrush untuk meliat perigkat keyword pada website anda dan peringkat dari para pesaing.


Setelah anda menemukan trend, yang kira kira bisa memenuhi kebutuhan audiens anda, langkah berikutnya adalah menulis konten anda sendiri. Anda juga dapat mengelola konten orang lain kedalan postingan anda dengan memasukkan backlink.

Tujuannya menjangkau mereka untuk lebih tahu tentang artikel yang anda buat. Anda mungkin akan terkejut ketika para influencer ini men-share postingan anda ke follower mereka.

6. Mengunakan Kembali Dan Menyegarkan Konten Lama Anda

Jangan pernah meninggalkan konten lama anda kedalam arsip situs website maupun blog anda. Anda bisa menemukannya dan menggunakannya kembali.

Misalnya anda bisa menggabungkan beberapa postingan lama yang berhubungan satu sama lain dan membuat panduan utama dari itu.

Untuk memberikan kehidupan baru kedalam konten lama, anda bisa melihat postingan mana yang paling populer selama ini dan anda bisa memperbarui konten tersebut dengan penambahan terbaru dari anda sendiri.

Peringkat SEO anda mungkin akan meningkat karena sudah memiliki kredibilitas history dan konten yang diperbarui akan meningkatkan relevansinya.

Anda juga bisa merubah judul postingan anda untuk membuatnya lebih menarik dan mempunyai minat klik dan share yang banyak. Namun, jangan merubah permalink postingan anda tersebut. Yang pada dasarnya mereset SEO yang telah anda raih sebelumnya untuk post tersebut.

7. Track Progres Anda

Apakah anda pernah mengumpulkan data untuk tracking konten marketing anda? Jika tidak, anda perlu memulainya sekarang juga.

Evaluasi dan revisi yang penting bagi marketer apapun. Anda perlu terus meningkatkan kerja anda, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengetahui kinerja anda.

Ada berbagai macam metrik untuk menganalisis, dan melacak area untuk melakukan perbaikan. Ini berlaku jika anda menggunakan email marketing untuk strategi konten marketing anda. Anda dapat menggunakan tools dari Google Analytics untuk membantu dalam men-tracking progres anda.

--------------------

Sekarang anda sudah mengetahui tentang basic apa itu content marketing dan langkah sederhana untuk membuat konten marketing. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan pembelajaran dan berbagi informasi untuk membantu anda.

Semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi anda dan berharap bisa dipraktekkan langsung apabila anda ingin membuat konten yang baik untuk website maupun blog anda.

Posting Komentar

0 Komentar





banner