Responsive Ad

Website Adalah ? Pengertian Lengkap Dan Manfaatnya


Website Adalah ? sebuah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet, sehingga bisa diakses dimana saja seluruh dunia selama koneksi dengan jaringan internet tersambung. Dipembahasan lain menuliskan website adalah salah satu alat komunikasi online yang menggunakan media internet dalam mendistribusikannya.

Apapun bahasanya, yang pasti semua orang tahu website merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi data berupa teks, gambar, animasi, video, suara, dan gabungan dari semuanya. Baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian yang saling terkait dimana semua itu dihubungakn dengan jaringan halaman ( permalink ).

Secara terminologi website adalah kumpulan dari halaman situs yang biasanya terangkum dalam sebuah domain maupun subdomain, yang tepatnya berada dalam World Wide Web ( WWW ) di internet. WWW terdiri dari seluruh situs website yang tersedia kepada publik diseluruh penjuru dunia.

Halaman sebuah situs website ( Web Page ) diakses dari sebuah URL yang menjadi "akar" ( root ), yang disebut dengan homepage ( halaman induk, sering diartikan menjadi "beranda atau halaman muka"). URL ini mengatur sebuah halaman web page untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun hyperlink hyperlink yang ada dihalaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka susunan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Web page adalah dokumen yang dutulis dalam format HTML ( Hyper Text Markup Language ), yang biasanya diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.

Semua publikasi dari website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar. Web page layaknya sebuah buku yang dapat menampung berbagi informasi tentang banyak hal yang bersifat komersil maupun non komersil. Melalui media inilah seseorang dapat memberikan informasi terntentu kepada orang lain yang berada di seluruh dunia.

Untuk di Indonesia, Website mulai dikenal sekitar tahun 1998, dimana hanya perusahaan besar saja yang mampu memilikinya. Dan apda saat itu website merupakan teknologi yang cukup mahal untuk dimiliki.

Sehingga banyak pengusaha maupun produsen menungurungkan niat mereka untuk dapat memiliki media promosi seperti ini. Langkahnya penyedia jasa pembuatan website yang menawarkan harga murah membuat keinginan perusahaan perusahaan tersebut untuk memiliki sebuah website murah hanya menjadi sebuah impian.

Dengan kemajuan zaman dan tekonologi saat ini terdapat milyaran halaman website yang memeriahkan dunia maya. Sebagian besar website tersebut adalah web komersil yang bersifat bisnis dan perdagangan. Ternyata media promosi yang berbentuk website ini sangat berperan penting dalam dunia usaha.

Lihat saja saat ini banyak sekali pengusaha besar maupun pengusaha kecil yang menggunakan situs website untuk memasarkan produk ataupun jasa yang disediakan. Fungsi web tidak hanya sebagai sarana promosi melainkan juga sebagai upaya untuk meningkatkan prestise ( gengsi ) dari suatu perusahaan. Dan sudah banyak pengusaha yang berani mengeluarkan biaya cukup tinggi agar bisa memiliki media online ini.

-------------------------------------------------- 

Unsur Unsur Website

Ada 3 unsur yang sangat bepengaruh penting dalam website, tanpa adanya unsur ini website anda tidak akan bisa ditemukan dan diakses oleh pengguna internet. Berikut dibawah ini kami jelaskan ke 3 unsur ini :
  1. DOMAIN ==>>  Jika sebuah website diibaratkan sebagai produk, maka domain adalah merek. Penggunaan domain yang menarik akan membuat banyak orang tertarik untuk memasuki website anda. Dengan pemilihan domain yang unik juga bisa membuat orang mudah mengingat agar nantinya bisa mengunjungi website anda kembali.
  2. HOSTING ==>> Juga tidak kalah pentingnya dengan domain, hosting memiliki peran untuk menyimpan semua database seperti script, gambar, video, teks, dan lain lainnya yang diperlukan untuk membentuk website. Banyak sekali penyedia jasa hosting di indonesa yang bisa digunakan dan hosting terbaik juga memiliki kecepatan akses yang baik untuk website anda.
  3. KONTEN ==>> Tanpa adanya konten pada website anda, maka website tersebut bisa dikatakan tidak memiliki tujuan yang jelas. Untuk membuat sebuah isi konten anda bisa menambahkan teks, gambar, bahkan video jika diperlukan. Jika dilihat dari konten yang disajikan terdap at beberapa macam website. Misalnya saja, sosial media, website berita, website jual beli, atau website yang berisi konten berdasarkan minat, bakat, serta hobi.
-------------------------------------------------- 
Jenis Jenis Website

Saat ini sudah banyak sekali jenis website yang bisa ditemukan dengan mudah, tidak hanya menampilkan informasi berupa tulisan saja. Berikut dibawah ini kami berikan beberpa jenis website yang saat ini banyak dijumpai apabila anda mengakses internet.


1. Website Pribadi

Saat ini banyak sekali layanan yang bisa anda gunakan untuk membuat sebuah website pribadi, mulai dari yang gratis sampai dengan layanan berbayar. Jika ingin gratis anda harus bersedia memiliki alamat website seperti www.namalayanan.com/usernameanda atau www.namawebsite.blogspot.com .

Alamat website seperti diatas tidak disarankan untuk anda yang ingin memiliki konten lengkap, seperti dengan adanya gambar dan banyak video. Biasanya penyedia layanan website gratis akan memberikan resource yang terbatas.

Selain dari itu, untuk alamat dari webiste yang gratis akan lebih sulit bersaing di mesin pencari. Oleh karena itu kami menyarankan anda untuk membuat website melalui layanan penyedia domain dan hosting. Sehingga anda dapat membuat website yang lebih profesional dengan alamat www.namawebsiteanda.com.

2. Website Toko Online

Saat ini banyak website toko online yang ada di mesin pencari, banyak sekali pemilik usaha yang menawarkan produknya melalui media online dan ini bisa memberikan grafik yang sangat tinggi sekali agar potensi dari produk yang dijual bisa mencapai target.

Apakah anda ingin membuat website untuk toko online anda dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan toko online yang ada saat ini ?

Jika benar, anda bisa menggunakan sebuat tool yang tepat, anda bisa membuatnya dalam hitungan jam bahkan menit, dan website atau toko online anda sudah bisa diakses melalui internet. Anda bisa memilih template yang tersedia dari penyedia domain maupun hosting, atau anda bisa juga meminta bantuan dari penyedia jasa pembuatan website yang bisa anda jumpai di mesin pencari.

3. Blog

Blog biasanya berisi artikel yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan maupun ide atau pengalaman dari si penulis. Untuk contoh blog adalah saat ini yang sedang anda baca yaitu blog belajarseoonline.

Tujuan dari blog ini adalah untuk memberikan banyak pengetahuan dan informasi yang berhubungan dengan SEO, Website, Addsense, dan Digital Marketing hingga banyak hal lainnya yang berguna untuk semua pengunjungnya.

Untuk artikel yang diterbitkan setiap blog berbeda beda, mulai dari satu hari satu artikel atau bahkan satu artikel dalam satu minggu. Hal ini tergantung dari kualitas artikel yang dibuat dan jumlah penulisnya.

-------------------------------------------------- 

Manfaat Webiste

Website memiliki banyak sekali manfaat di kehidupan kita, anda bisa mengakses media sosial menggunakan website, anda juga bisa berbelanja online dari website. Ketika anda membutuhkan informasi yang sangat penting, anda juga bisa mengakses semua itu melalui website.

Manfaat website tidak hanya itu, masih banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari website. Berikut dibawah ini beberapa manfaat website yang sangat penting untuk anda ketahui.

1. Web Bisa Menghasilkan Uang

Ada banyak sekali cara menghasilkan uang dari website, anda bisa menjadi seorang blogger atau seorang penulis artikel dan akan ada banyak sekali orang yang ingin memasang iklan kepada anda. Selain itu anda juga bisa mendaftarkan website anda ke Google Addsense untuk bisa mendapatkan uang secara gampang dari google.

Anda juga bisa menjadi affiliate marketing, tugas anda adalah mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan lain di website anda. Kemudian anda bisa mendapatkan komisi jika ada oembeli yang membeli melalui website anda. Dan ada banyak sekali cara lain untuk bisa menghasilkan uang dari website seperti membuat toko online dan menjual berbagai macam produk di website toko online anda.

2. Web Sebagai Sarana Bebagi Cerita Dan informasi

Apakah sudah pernah membaca cerita Raditya Dika atau mungkin anda pernah membaca kisah perjalanan Trinity Traveler. Mereka berdua adalah contoh blogger yang sukses bermodalkan cerita melalui website.

Dan andapun bisa mengikuti jejak seperti mereka dengan memulai membuat blog. Dengan membuat blog anda bisa berbagi cerita atau informasi apa saja. Dari traveling, Kuliner, Teknologi, Kisah Nyata, dan masih banyak lainnya.

3. Bisa Membangun Personal Branding

Mulai dari manfaat untuk diri sendiri atau pribadi, yaitu website bisa digunakan untuk personal branding. Dengan website anda bisa membangun personal branding yang kuat dan tepercaya.

Anda bisa membagikan hasil karya dan portofolio anda di website. Baik itu tulisan, foto, lukisan, gambar, desain grafis, hingga musik. Anda bisa membangun personal branding yang profesional dengan menggunakan website.

--------------------------------------------------  

Saat ini membuat website tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Anda tidak perlu menjadi developer atau programer untuk bisa membuat website. Kini anda bisa membuat website tanpa perlu pengetahuan tentang coding sama sekali.

Caranya adalah dengan menggunakan wordpress. Wordpress adalah platform pembuatan webiste yang memungkinkan anda membuat websute dalam hitungan menit saja. Dengan wordpress anda bisa membuat website berkualitas tinggi tanpa harus berurusan dengan coding. Cukup menginstal wordpress, membeli web hosting, pilih template yang adan inginkan, instal plugin yang dibutuhkan, dan website anda akan jadi seperti apa yang anda inginkan.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, website memiliki banyak manfaat yang bisa anda dapatkan. Baik itu untuk kepentingan pribadi maupun untuk kepentingan bisnis anda. Anda bisa membuat website pribadi atau blog yang membagikan banyak informasi atau porfolio anda.

Dan jika anda ingin menghasilkan uang secara online, website ini merupakan platform yang paling tepat untuk anda. Anda bisa membuat apa saja dari website untuk menjual produk atau menawarkan jasa yang anda miliki. Intinya apapun yang ingin anda hasilkan dengan via online, website adalah solusi paling tepat. Tunggu apalagi, mulailah raih kesuksesan dengan membuat website sekarang juga!

Posting Komentar

0 Komentar





banner