Responsive Ad

Delapan Indikator Utama Dari SEO Yang Harus Diketahui


Seberapa baik website atau blog anda di mesin pencari ?, lalu bagaimana anda mengukur kerja website atau blog anda di mesin pencari ?. Tentu indikator utama yang mempengaruhi seberapa baik kinerja website anda adalah dengan jumlah pengunjung yang banyak secara organik.

Tapi itu saja belum cukup agar website atau blog anda dekat dengan banyak pengunjung, hal penting lainnya adalah tingkat keaktifan website maupun blog anda. Indikator kuat ini kemungkinan untuk menentukan optimasi seo secara spesifik yang akan mengarahkannya menuju trafik tambahan.

Indikator utama SEO selalu berubah rubah secara berkala, perubahan indikator ini bergantung pada algoritma google. Jika google memperbarui algoritmanya, maka indikator SEO pun akan berubah mengikutinya.

1. Stuktur URL

Struktur URL yang sederhana memudahkan mesin pencari untuk mengenali website atau blog anda dan topik utama apa yang anda bahas. Alangkah baiknya anda membuiat struktur url yang sederhana, cukup mengandung nama domain dan judul artikel.

Contoh struktur URL yang sederhana : https://www.namawebsiteataubloganda.com/judulkontenand

2. Penggunaan SSL / TLS

Saat ini Google lebih mengutamakan website atau blog yang menggunakan SSL / TLS. Sebab website dehgan SSL / TSL mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website atau blog tersebut, jadi keamanan data pengguna lebih aman.

Selain itu, google chrome telah menandai website maupun blog tanpa SSL / TSL sebagai non secure. Jika domain website anda belum menggunakan SSL / TSL, sekarang merupakan saat yang paling tepat untuk mengaktifkannya.

Cara mengetahui apakah website maupun blog anda sudah memakai SSL / TSL atau belum adalah dengan melihat alamat website anda di browser. Jika masih diawali dengan HTTP, artinya website anda belum menggunakan SSL / TSL. Website yang sudah mengaktifkan SSL / TSL, alamat website atau blognya pasti diawali dengan HTTPS.

3. Isi Topik Konten

Anda harus memiliki beberapa topok utama yang saling berkaitan untuk membangan struktur website yang baik. Setelah menentukanbeberapa topik utama, anda perlu membuat konten mengenai topik topik tersebut.

Misalnya anda memiliki website atau blog tentang wisata, setidaknya ada beberapa topik utama seperti tempat wisata, taman wisata, penginapan dan villa, dan kuliner. Semua topik tersebut saling berkaitan dengan topik utama dari website atau blog anda yaitu wisata.

Semakin banyak artikel membahas topik yang saling berkaitan tersebut maka semakin besar juga kemungkinan website atau blog anda bisa muncul dihalaman pertama dari hasil pencarian topik tersebut. Karena website atau blog dengan artikel yang topiknya saling berkaitan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.

4. Search Intent

Satu kata kuci / keyword bisa dimasukkan untuk dua hal yang berbeda atau lebih. Search Intent atau maksud pencarian adalah apa yang diinginkan dari kebanyakan pencari terhadap satu kata kunci tertentu.

Misalnya anda memasukkan kata kunci / keyword " bola " di google, hasil pencarian teratasnya akan menampilkan berbagai portal berita bola seperti ini :


Kenapa website yang membahas pengertian bola, jenis bola, macam macam bola tidak bisa menang di kata kunci / keyword ini? Sebab mayoritas pengguna akan mencari kata kunci " bola " bermaksud untuk mencari berita bola, bukan untuk pengertian bola ataupun jenis lainnya. Jadi google akan mengutamakan konten yang sesuai dengan seacrh intent kebanyakan pengguna.

5. Struktur Konten

Selain menyesuaikan konten dengan search intent, anda juga harus membuat konten yang mudah untuk dipahami. Bertujuan agar memudahkan pembaca dalam menemukan jawabannya dikonten anda dengan struktur yang jelas dan rapi.

Caranya sangat mudah, hanya dengan menggunakan heading maupun subheading untuk poin poin paling penting dalam konten yang anda buat. Anda juga bisa menambahkan foto, ilustrasi, bahkan video untuk membantu pembaca bisa memahami isi konten anda.

 6. Meta Tags

Meta tags terdiri dari title tag dan meta description. Dungsinya untuk membantu google agar bisa memahami keseluruhan isi dari konten di sebuah halaman website maupun blog. Pertama title tag adalah judul artikel anda yang akan muncul di hasil pencarian. Judul artikel tidak bisa terlalu panjang karena google akan memotongnya sesuai dengan standar yang berlaku.

Kedua, meta description adalah teks yang merangkum isi konten anda di hasil pencarian. Teks ini terletak tepat dibawah judul dan url artikel, meta description biasanya terdiri dari 120 sampai 130 karaker.



7. Backlink

Backlink masih menjadi salah satu faktor utama dari SEO. Semakin banyak backlink yang dihasilkan ke website maupun blog anda, maka google akan mengangap website anda memiliki kredibilitas yang tinggi. Namun, backlink tersebut juga harus berasal dari website atau blog yang berkualitas bukan dari website maupun blog yang berkualitas rendah.

8. Kecepatan Dari Website atau Blog

Sejak 2018 Google menetapkan kecepatan loading sebuah website atau blog ( tampilan deskop atau mobile ) sebagai salah satu indikator utama SEO. Semakin cepat loading sebuat website atau blog, maka semakin besar kemungkinan website tersebut mendapatkan rangking lebih tinggi di hasil pencarian google.

Demikian sedikit artikel yang kami jelaskan untuk anda semua, berharap sedikit ilmu yang diberikan ini bisa bermanfaat untuk anda. Jika menyukai artikel ini jangan lupa untuk membagikannya kepada orang terdekat maupun teman teman suka dengan ilmu pengetahuan SEO. terima kasih..

Posting Komentar

0 Komentar





banner