Responsive Ad

15 Langkah Optimasi SEO On Page Untuk Website dan Blog

SEO On Page adalah faktor faktor yang menentukan teroptimasi atau tidak website maupun blog anda terhadap mesin pencari dilihat dari dalam websitenya sendiri. Optimasi SEO On Page bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website anda memang relevan atau sesuai dengan apa yang dicari para pengunjung dan apakah benar benar memiliki kualitas yang baik.

Seo On Page sering kali dilupakan karena banyak yang menggangap membutuhkan waktu yang sangat lama. Namun,harus anda ketahui walaupun optimasi on page membutuhkan waktu yang lama, efek yang dihasilkan cukup besar. Oleh karena itu kuncinya hanya dua yaitu relevan dan berkualitas, tanpa memenuhi keduanya, mustahil anda bisa mendapatkan peringkat teratas dimesin pencari.

Dalam SEO terdapat banyak faktor yang perlu diperhatikan agar website maupun blog anda bisa naik peringkat dihasil pencarian. Untuk mempermudah prakteknya, SEO dibagi menjadi dua jenis, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Di pembahasan kali ini kami hanya akan membahas mengenai apa itu SEO On Page dan bagaimana cara mengoptimasikannya.

Baca Juga : Cara Optimasi SEO Off Page Untuk Website Dan Blog

Seo On Page adalah praktek optimasi SEO yang dilakukan pada konten atau artikel yang diterbitkan website maupun blog anda. Langkah optimasi on page kebanyakan fokus pada faktor faktor yang ada didalam konten maupun artikel. Secara sederhada SEO On Page dapat diartikan sebagai langkah optimasi meningkatkan kualitas konten atau artikel agar lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pengunjung website maupun blog anda.

Tidak hanya memudahkan pengunjung, seo on page juga memudahkan mesin pencari google untuk memahami konteks konten dan relevansi website atau blog anda dengan kata kunci / keyword yang dicari.

15 Langkah Optimasi SEO On Page Untuk Website dan Blog

Setidaknya terdapat 15 cara optimasi On Page SEO yang perlu anda lakukan, mulai dari membuat judul konten yang menarik hingga meningkatkan kecepatan website atau blog anda. Bagaimana langkah langkahnya? simak artikel yang kami berikan berikut dibawah ini.

1. Judul Konten Yang Menarik

Ketika orang mencari sebuah kata kunci / keyword di google, kebanyakan dari mereka hanya bisa melihat judul dan deskripsi singkat konten anda dihasil pencarian. Jadi anda perlu membuat judul semenarik mungkin agar orang langsung tertarik untuk membaca konten artikel anda.

Anda bisa menambahkan angka atau kata sifat untuk membuat judul konten lebih menarik. Menurut Content Marketing Institute, judul yang menggunakan angka bisa menghasilkan 45% lebih baik dibandingkan judul konten yang tidak memiliki angka. Contoh seperti dibawah ini:

  • 30 Template Bloggger Keren Dengan Seo Friendly
  • Cara Membuat Blogger Mulai Dari Nol ? Cek Panduan Lengkap ini ! 
  • Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Blogger Dengan Cepat

Untuk membuat judul konten, tidak semua konten anda cocok dengan menggunakan angka didalamnya. Tentu anda tidak perlu memaksakan judul konten anda menggunakan angka. Ada banyak variasi untuk membuat judul konten yang menarik perhatian dari para pembaca. Buatlah judul konten semenarik mungkin dan jangan pernah melupakan tentang focus topik apa yang dibahas dalam konten tersebut.

2. Perhatikan Panjang Konten

Jumlah kata dalam konten mejadi salah satu indikator SEO On Page yang perlu anda perhatikan. Tidak ada angka pasti berapa jumlah kata yang diharuskan ada dalam satu konten. Karena penentuan jumlah kata tersebut tergantung dari kata kunci yang ditargetkan dan konten dari kompetitor. Bisa saja anda hanya perlu membuat konten dengan 1000 kata untuk keyword A, dan untuk keyword B anda harus membuat konten dengan 3000 kata.

Anda perlu mengukur berapa panjang konten yang harus anda buat, caranya adalah dengan melihat jumlah kata konten dari kompetitor. Setidaknya lihat jumlah kata dari konten yang ada di peringkat tiga teratas hasil pencarian google. Setelah itu buatlah konten yang jumlah katanya sama atau melebihi kompetitor tersebut.

3. Buatlah Konten Yang Berkualitas Dan Solutif

Hal yang harus diperhatikan ketika membuat konten atau artikel adalah kualitasnya. Tanpa kualitas yang baik, sebanyak apapun jumlah kata yang anda tuliskan, akan sangat sulit memenangkan persaingan di hasil pencarian google.

Seperti apa konten yang berkualitas itu ?

Konten yang dibuat harus bisa menjawab pertanyaan pembaca. Ketika pembaca mengetikkan sebuah keyword atau kata kunci di mesin pencari, yang mereka harapkan adalah jawaban. Jadi pastikan untuk bisa memberikan informasi yang relevan sesuai dengan kebutuhan pencari.

4. Manfaatkan Heading Dan Subheading

Agar pengunjung yang datang mendapatkan kemudahan dalam membaca konten anda, Anda perlu membuat struktur konten yang jelas dan mudah untuk dipahami. Salah satu cara membuat struktur konten tersebut dengan memanfaatkan heading dan subheading didalam konten anda.

Heading dan Subheading berfungsi untuk memecah artikel anda menjadi beberapa bagian. Heading dan Subheading adalah bab dan subbab seperti buku, dengan adanya heading dan subheading pembaca akan lebih mudah untuk menemukan poin poin penting yang mereka butuhkan.

Selain itu, Heading dan Subheading juga berfungsi untuk membantu mesin pencari agar memahami konten anda. Heading memudahkan search engine bot untuk melakukan crawling di konten dan melihatnya sebagai pokok bahasan konten.

Wordpress dan Blogger sudah menyediakan heading 1 sampai dengan heading 6. Heading 1 biasanya sudah otomatis digunakan untuk judul konten. Jadi anda bisa memanfaatkan selanjutnya adalah heading 2 sampai dengan heading 6. Disetiap heading tersebut sebaiknya masukkan focus keyword atau turunannya.

5. Masukkan Focus Keyword di 100 Kata Pertama

Selain di judul, Paragraf pertama juga harus memberikan kesan pertama yang baik untuk semua pembacanya. Anda harus to the point mengenai apa yang akan anda sampaikan pada konten tersebut. Jadi alangkah baiknya letakkan juga focus keyword atau kata kunci di 100 kata pertama jika memungkinkan.

Harus diingat, tidak semua focus keyword cocok untuk diletakkan pada 100 kata pertama. Jika memang tidak memungkinkan, Anda tidak perlu memaksakan untuk meletakkan focus keyword atau kata kunci di paragraf pertama. Dengan cacatan, anda membuat paragraf pertama yang menarik dan jelas sehingga pembaca akan mengetahui apa yang akan anda bahas di konten tersebut.

6. Gunakan LSI Keyword

Memang anda perlu mengulang beberapa kali keyword atau kata kunci didalam satu konten. Namun, bukan berarti anda bisa mengulangnya secara berlebihan. Mengulang kata kunci secara berlebihan hanya akan membuat google mengangap konten anda sebagai spam.

Bagaimana cara menanggulanginya?, Anda bisa memanfaatkan LSI Keyword. LSI Keyword adalah kata kunci yang masih punya makna yang mirip dengan keyword utama yang anda targetkan. Mengapa perlu menggunakan LSI Keyword ? Karena kata kunci yang diberikan keyword tool biasanya adalah hasil penyeragaman dari beberapa kata kunci yang mirip. Akibatnya variasi kata kunci yang diberikan terbatas.

Tidak banyak orang yang menggunakan kata kunci yang sama persis. Realitanya orang orang menggunakan berbagai variasi kata kunci untuk mencari suatu topik. Nah variasi kata kunci itulah yang disebut dengan LSI Keyword. Untuk menemukan LSI Keyword anda bisa menggunakan layanan seperti LSIgraph atau LSIKeywords

7. Tambahkan Gambar Maupun Video

Konten yang hanya berisi teks tentu saja sangat membosankan bagi banyak pembaca. Selain membosankan, konten yang tidak menggunakan media visual apapun akan sangat gampang melelahkan untuk dibaca. Jadi anda harus memastikan untuk menambahkan beberapa gambar maupun video di setiap konten anda.

Menurut Vidyard, konten yang menggunakan gambar maupun video punya kesempatan 50 kali lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian google dibandingkan artikel yang tidak menggunakan gambar maupun video. 

8. Optimasi Gambar

Tadi sudah kami rekomendasikan untuk menggunakan gambar di konten website ataupun blog anda. Agar gambar yang anda tambahkan bisa meningkatkan kualitas On Page Seo, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.
  1. Pastikan ukuran gambar tidak terlalu besar,  gambar yang terlalu besar hanya akan memperlambat loading dari website atau blog anda. Oleh karena itu anda perlu untuk memperkecil ukuran gambar setidaknya ukuran untuk satu gambar tidak lebih dari 100KB.
  2. Berikan nama file sesuai dengan focus keyword atau kata kunci yang anda targetkan. Nama file yang sesuai degan focus keyword bisa membantu gambar tersebut untuk muncul di google image search.
  3. Ubah alt text sesuai dengan focus keyword atau kata kunci yang ditargetkan. Alt text atau teks alternatif berfungsi untuk membantu google mengidentifikasi topik yang anda bahas di konten. Selain itu alt text juga memudahkan gambar agar bisa muncul di hasil pencarian gambar google.
9. Sisipkan Outbound Link

Saat anda membuat konten, usahakan setidaknya anda memasukkan satu link website lain atau yang biasanya disebut dengan outbound link. Namun bukan website yang asal asalan, pastikan website yang anda jadikan rujukan tersebut adalah website degan reputasi yang baik.

Outbound Link berfungsi untuk menunjukkan bahwa konten yang anda buat mempunyai sumber yang kredibel. Dengan link yang mengarah ke sumber rujukan yang sesuai, konten anda juga dianggap mempunyai topik yang sama dengan website rujukan tersebut.

10. Maksimalkan Internal Link

Anda juga diharuskan untuk memaksimalkan Internal Link, internal link adalah link yang mengarah ke konten lain yang ada di website maupun blog anda. Jenis tautan yang ini penting untuk memudahkan pembaca berpindah dari satu konten ke konten lainnya yang ada di website maupun blog anda.

Selain itu, internal link juga membantu mesin pencari untuk memahami konteks dan hubungan antar halaman website anda. Google mengutamakan website atau blog yang kontennya saling berhubungan. Dan lewat internal link ini, anda bisa menunjukkan keterhubungan antar konten di website maupun blog anda.

11. Atur Link Menjadi Open in New Tab

Membuka link di tab baru memang terlihat sangat sepele, tapi ini bisa meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung website maupun blog anda. Banyangkan saja jika ada tiga atau empat link di satu artikel, pembaca perlu menekan berkali kali tombol back agar bisa kembali pada konten pertama yang dibaca. Selain sangat melelahkan bagi pembaca, membuka link di tab yang sama juga dikhawatirkan akan meningkatkan Bounce Rate.

Baca Juga : Apakah Yang Dimaksud Dengan Bounce Rate ?

Cara membuat open in new tab sangat mudah dan gampang dilakukan baik untuk wordpress maupun di blogger. Anda bisa memodifikasi pengaturan link menjadi open in new tab di editor wordpress dan blogger seperti contoh gambar dibawah ini.

Contoh Untuk Wordpress
Contoh Untuk Blogger

12. Gunakanlah Permalink Sederhana

Permalink yang sederhana merupakan salah satu indikator utama SEO ditahun 2019 ini. Permalink yang sederhana akan memudahkan mesin pencari untuk mendapatkan dan mengenali topik dari konten yang anda bahas. Idealnya permalink yang baik mengandung focus keyword / kata kunci yang anda targetkan.

Contohnya, anda menargetkan kata kunci jual alat olahraga. Permalink yang baik untuk konten tersebut adalah seperti ini : www.websiteanda.com/jual-alat-olahraga

Untuk anda yang menggunakan wordpress, secara default membuat link seperti ini : www.websiteanda.com/2019/11/judulartikel

Jadi anda perlu untuk mengubahnya sendiri, tenang saja, cara untuk mengubahnya juga sangat mudah sekali. Anda hanya perlu membuka dashboard wordpress lalu klik Setting > Permalink. Setelah itu anda bebas memilih struktur permalink Post name dan klik save.

Nah untuk anda yang menggunakan blogger, mungkin permalink yang sangat singkat ini belum bisa diciptakan, tetapi jangan kwahatir apabila anda memasukkan judul yang baik dengan mengabungkan keyword didalamnya. Artikel atau konten yang anda buat juga bisa dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari.

13. Tambahkan Tombol Share Media Sosial

Walalupun konten yang dishare ke media sosial tidak berpengaruh untuk kualitas SEO, anda tidak bisa mengabaikannya. Media sosial bisa membantu anda menjangkau dan membangun audiens baru di berbagai platform.

Apalagi saat ini masyarakat indonesia sangat aktif di media sosial. Berdasarkan penelitian APJII 2017, 87% pengguna internet indonesia saat ini menggunakan internet untuk membuka media sosial. Harapannya pembaca akan membagikan konten yang anda buat kepada teman atau followersnya di media sosial.

Tambahkanlah tombol share di semua konten agar pembaca bisa dengan mudah membagikan konten anda. Dengan begitu mereka hanya perlu menekan tombol share dan konten sudah secara otomatis berbagi ke media sosial pilihannya. Untuk menambahkan tombol share di konten, terdapat banyak pluggin maupun tema yang sudah terhubungan langsung dengan tombol share ini.

14. Penggunaan Tema Responsif ( Mobile Friendly )

Tema Resposif adalah tema yang kompatibel dengan perangkat apapun, baik dibuka melalui computer maupun dibuka melalui versi mobile, dan website anda tetap berjalan dengan baik dan responsif. Sayangnya tidak semua tema wordpress maupun blogger responsif, jadi anda harus teliti sebelum memilih tema untuk dipasangkan di website maupun blog anda. pastikan tema yang dipilih responsif di semua perangkat terutama versi mobile.

Terlebih lagi saat ini google telah menerapkan mobile first indexing yang menuntut pemilik website maupun blog untuk membuat website yang mobile friendly. Dengan Google Mobile First Index, kini google menilai perfoma website melalui website versi mobile. Jika website atau blog versi mobile anda menghasilkan perfoma yang buruk, kemungkinan besar akan berpengaruh buruk pada kualitas seo dari keseluruhan isi website maupun blog.

15. Tingkatkan Kecepatan Website

Semakin banyak yang meninggalkan website maupun blog anda, semakin tinggi pula bounce rate nya. Bounce Rate yang tinggi tentu akan berpengaruh buruk pada kualitas SEO anda.


Maka dari itu, anda wajig untuk meningkatkan kecepatan website maupun blog anda. Jika kecepatan loading website anda masih diatas 5detik, anda harus mulai waspada. Sebabmenurut riset google, 53% pengunjung meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3detik.

Sekian artikel yang kami berikan untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana mengoptimasi SEO On Page untuk website maupun blog anda. Kami berharap artikel ini dapat bermanfaat dan bisa langsung di praktekkan ke website maupun blog anda.

Posting Komentar

0 Komentar





banner